Tidak Perlu Panik Jika Mengalami Mastitis Saat Menyusui

Obat Luka Payudara -, Banyak ibu baru yang belum mengenal istilah mastitis. Padahal ini merupakan hal yang biasa terjadi pada ibu menyusui, berikut informasinya mengenai tidak perlu panik jika mengalami mastitis saat menyusui.

Mastitis merupakan peradangan yang terjadi di jaringan payudara, mulanya berbentuk benjolan yang berubah menjadi infeksi dan jika sudah terjadi perubahan pada payudara seperti menjadi kemerahan, sakit, panas, keras dan bengkak, ibu tidak perlu takut dan khawatir karena pada umumnya ini terjadi akibat akumulasi susu yang berlebihan.

Tidak Perlu Panik Jika Mengalami Mastitis Saat Menyusui


Menurut penelitian kebanyak perempuan yang mengalami mastitis di payudara sisi bagian kanan karena seringkali bayi menyusui pada sisi sebelah kiri dan hal ini yang kemudian menyebabkan timbulnya benjolan yang mengakibatkan ibu merasa sakit dan sangat tidak nyaman, demam serta menyakitkan. Tidak jarang juga mastitis bisa mengakibatkan ibu akhirnya menyerah dan memberikan susu botol pada bayi.

Mastitis adalah pengalaman yang sangat menyedihkan tapi masih bisa diatasi meskipun ibu mengalami mastitis, asupan ASI kepada bayi alangkah baiknya jika tetap dijalankan.

Pada umumnya mastitis terjadi di tiga bulan awal setelah melahirkan dan tepatnya pada minggu kedua atau ketiga setelah masa menyusui. Di bulan pertama, frekuensi ibu memberikan ASI pada bayi akan belangsung selama satu jam sekali dan jika ibu mengalami mastitis maka ini akan menyulitkan.

Berikut di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa ibu terapkan untuk mengatasi mastitis :

  • Tetap menyusui meskipun terasa sakit dan lakukan pelekatan yang baik pada saat menyusui. Letakkan bantal di bawah bayi dalam pangkuan ibu serta arahkan posisi dagu bayi ke saluran yang tersumbat.
  • Kompres payudara dengan menggunakan air hangat
  • Pijat payudara dari atas sampai puting dan kondisikan payudara dalam keadaan hangat lalu pijat dan dorong susu sampai ke bagian puting.
  • Hindari menggunakan bra yang ketat dan bisa menghambat ASI
    Jangan mengkonsumsi obat – oabtan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, untuk tahap awal obat yang disarankan adalah mengkonsumsi ibuprofen atau parasetamol guna untuk mengurangi peradangan serta rasa sakit. Jika rasa sakit berlanjut segera hubungi dokter untuk mendapatkan penangan lebih lanjut. Baca: Obat Mastitis Pada Ibu Menyusui Alami dan Aman.

Nah itulah beberapa informasi mengenai mastitis, jadi ibu tidak perlu panik mengalami mastitis pada saat sedang menyusui karena ini merupakan hal yang wajar terjadi. Meskipun menghambat ibu menyusui bayi, tapi bukan berarti mastitis tidak bisa diobati.

Baca Juga :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *