Mengenal Lebih Dalam Tentang Penyakit Mastitis

Taukah Anda apa itu mastitis? Atau perempuan yang baru saja melahirkan dan mengalami mastitis? Mastitis merupakan istilah kedokteran untuk peradangan payudara pada perempuan yang biasa baru saja melahirkan. Untuk lebih lengkapya silahkan membaca lebih lanjut mengenai mengenal lebih dalam tentang penyakit mastitis.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Penyakit Mastitis

Mengenal Lebih Dalam Tentang Penyakit Mastitis

Mastitis biasanya ditandai dengan adanya gejala pembengkakan payudara, munculnya rasa sakit serta warna kemerahan di sekitar payudara. Mastitis terjadi akibat adanya sumbatan yang terjadi di bagian saluran susu hingga putingnya mengalami sumbatan. Apabila tidak segera diatasi bisa mengakibatkan suhu tubuh meningkat hingga 38 derajat celcius dan menyebabkan timbulnya rasa kelelahan.

Umumnya mastitis terjadi pada perempuan yang baru saja melahirkan dimana kondisinya bisa terjadi pada salah satu atau kedua payudara sekaligus.

Yang harus Anda perhatikan mengenai mastitis ini bahwa 1 dari 20 perempuan yang menyusui bisa mengalami mastitis.

Bahkan seorang wanita bisa mengalami mastitis lebih dari satu lai, maka dari itu Anda harus lebih pandai dalam menjaga kebersihan puting payudara setelah menyusui dan menjaga kondisi tubuh agar tidak terkena gangguan yang satu ini.

Jenis Mastitis

Ada dua jenis penyakit mastitis yaitu infektif dan non-infektif. Mastitis sendiri disebabkan akibat kuman yang masuk ke dalam saluran susu melalui perantara mulut atau hidung bayi saat sedang menyusui.

Sedangkan jenis mastitis yang kedua yaitu non-infektif terjadi akibat saluran susu yang tersumbat dan akibat posisi menyusui yang kurang tepat jadi tidak heran jiba mastitsi lebih seriang terjadi pada perempuan yang baru pertama kali menyusui.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Penyakit Mastitis

Gejala Mastitis

Wanita yang terkena penyakit mastitis bisa pada umumnya mengelami beberapa hal ini.

  • Jika disentuh, payudara terasa hangat
  • Terjadi pembengkakan pada payudara
  • Timbul rasa nyeri atau panas pada saat menyusui
  • Kulit berubah menjadi warna kemerahan
  • Terjadi demam dengan suhu sampai 38 derajat celcius atau bisa lebih

Pengobatan Mastitis

Jika mastitis terjadi akibat bakteri Anda bisa menggunakan antibiotik. Sementara waktu, payudara akan terasa keras dan nyeri tapi masih bisa diatasi dengan dikompres dengan menggunakan air dingin.

Jika Anda tidak tahan dengan rasa nyerinya maka bisa mengkonsumsi obat untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit. Untuk memaksimalkan oengobatan dengan antibiotik dan lainnya serta diiringi dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran untuk memenuhi asupan nutrisi dan vitamin.

Apakah berbahaya bagi si kecil ? Mastitis memang menyebabkan rasa nyeri pada payudara ibu namun kabar gembiranya mastitis tidak berpengaruh pada bayi.

Tapi meskipun tidak memiliki dampak negatif pada bayi Anda, sudah semestinya Anda menjaga kesehatan tubh supaya tidak terserang penyakit mastitis atau jika sudah terserang dan menyebabkan rasa nyeri yang cukup mengganggu pada saat sedang menyusui sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *