Mengenal Penyakit Mastitis Pada Ibu Hamil

Obat Luka Payudara -, Mastitis merupakan suatu infeksi yang menyerang bagian jaringan payudara yang biasanya disebabkan akibat bakteri atau virus sehingga mengakibatkan payudara membengkak bahkan terkadang bisa diiringi dengan rasa nyeri. Pada umumnya ibu hamil yang terkena penyakit mastitis, payudara nya akan berwarna kemerahan dan kenaikan suhi dari kondisi biasanya. Mastitis bisa menyebankan ibu hamil dan mengalami demam tinggi serta menggigil pada tubuh. Berikut informasi selengkapnya mengenal penyakit mastitis pada ibu hamil.

Penyakit mastitis bisa dilami oleh siapa saja termasuk ibu hamil dan ibu menyusui, bahkan terkadang tidak hanya menyerang satu buah payudara saja. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan lemas dan letih pada ibu hamil sehingga akan mengganggu pada saat sedang merawat si kecil.

Mengenal Penyakit Mastitis Pada Ibu Hamil

Penyebab Penyakit Mastitis

Mastitis yang terjadi pada ibu hamil pada umumnya diakibatkan karena berhentinya ASI pada saluran susu yang mengakibatkan iritasi jaringan di sekitar saluran susu yang bisa mengakibatkan pembengkakan dan rasa nyeri pada ibu hamil.

Faktor penyebab mastitis yang lainnya yaitu diakibatkan karena bakteri yang berada di dalam jaringan payudara masuk ke dalam saluran susu, penyakit mastitis pada ibu hamil ini sering di alami tetapi tidak menutup kemungkinan diderita oleh wanita di luar kehamilan.

Resiko Terkena Mastitis

Berikut di bawah ini beberapa kondisi kesehatan wanita yang mengalami mastitis.

  • Mengalami retak pada puting
  • Tidak teratur memberikan ASI dan tidak menyusui bayi setelah melahirkan
  • Olahraga tanpa menggunakan bra bisa menyebabkan mastitis dan tidur dengan menekan payudara, ketika menyusui bayi tidur di bagian payudara
  • Terkena infeksi jamur di payudara dan rentan terkena gangguan defiensi imun

Tips Mencegah Mastitis

  • Berikan ASI pada bayi agar ASI yang ada di dalam payudara tidak menyumbat dan jika Anad tidak berdekatan dengan bayi bisa melakukan ASI perah yang nantinya dibuatkan untuk cadangan bayi.
  • Untuk pemberian ASI seteleh menyusui sebaiknya gunakan kapas lalu dibilas dengan menggunakan air hangat dan jangan menggunakan sabun setelah menyusui, keringkan terlebih dahulu dengan handuk agar tidak lembab.
  • Gunakan bra yang bisa menyerap keringat dan jangan menggunakan bra yang bisa menekan payudara. Mastitis pada ibu hamil memang harus selalu diperhatikan agar pemberian ASI pada bayi tidak terganggu.

Baca Juga :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *