Benarkah Kehamilan Dapat Mencegah Kanker Payudara

Benarkah Kehamilan Dapat Mencegah Kanker Payudara

Obat Luka Payudara | Bagi Anda yang memiliki kehamilan di usia 20 – 30 tahun dan memberikan ASI eksekutif maka berbanggalah Anda karena taukah Anda para penelitian menemukan fakta dimana kanker rahim bisa di cegah dengan memberikan ASI pada buah hati Anda. Hormon estrogen yang berperan sebesar 80% dari semua kanker payudara bisa dikurangi dengan adanya kehamilan dan menyusui. Berikut informasi selengkapnya mengenai Benarkah kehamilan dapat mencegah kanker payudara ? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Payudara akan terus berkembang selama Anda mengalami masa pubertas dimana tingkat hormon akan berubah dengan cepat dalam proses pematangan tubuh. Sel jaringan di payudara akan mencapai kematangan setelah Anda mendapatkan kehamilan, payudara Anda belum bisa dikatakan matang dari siklus menstruasi pertama dengan kehamilan pertama. Penlitian yang telah dilakukan mengenai sel – sel payudara matang menawarkan perlindungan terbaik pada perubahan kanker.

Adanya hormon yang dihasilkan pada masa kehamilan yaitu human chorionic gonadotropin (hCG) yang akan menyebabkan sel – sel payudara untuk tumbuh serta melindungi perkembangan kanker di masa depan. Hormon hCG sebenarnya akan menyebabkan genetik permanen pada kelenjar susu Anda dan perubahan genetik dapat membantu mencegah kanker payudara.

Baca :

Kanker Payudara pada Wanita Hamil

Kanker payudara bisa terjadi pada siapa saja termasuk pada wanita yang sedang mengalami kehamilan atau baru saja melahirkan. Pada wanita yang sedang hamil atau pasca melahirkan, kanker payudara biasanya terjadi pada usia 32 – 38 tahun. Sayangnya untuk mengetahui kanker payudara tidak hannya cukup dengan mengetahui gejala kanker payudara saja melainkan dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. Bagi wanita hamil dan menyusui harus memeriksakan payudara mereka sendiri baik secara medis atau non medis.

Tes Deteksi Kanker Payudara

  • Pemeriksaan Fisik dan Sejarah merupakan cara yang pertama untuk mendeteksi kanker payudara dimana memeriksakannya dan mengetahui ada atau tidaknya gumpalan atau hal ganjil lainnya dan sejarah disini adalah riwayat penyakit yang Anda miliki.
  • Klinis Pemeriksaan Payudara (CBE) sebuah pengujian payudara oleh dokter atau profesional kesehatan lainnya, dokter akan berhati – hati dalam memeriksa payudara di bawah lengan mengenai benjolan atau hal lain yang tidak biasa.
  • Magnetic Resonance Imaging (MRI) dimana sebuah prosedur yang menggunakan magnet, gelombang radio dan komputer untuk membuat serangkaian gambar detail dari daerah di dalam tubuh.
  • Uji USG, dimana prosedur gelombang suara energi tinggi atau ultrasound yang memantul jaringan internal atau organ dan membuat gema. Gema merupakan membentuk gambar dari jaringan tubuh yang disebut sonogram.
  • Mammogram : X-ray payudara – Mammogram bisa dilakukan dengan sedikit resiko pada janin, mammogram pada perempuan hamil mungkin tampak negatif meskipun kanker hadir.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *