Waspadai Kanker Payudara pada Ibu Menyusui

Obat Luka Payudara-, Waspadai Kanker Payudara pada Ibu Menyusui-, Kanker merupakan penyakit yang menakutkan bagi hampir semua orang karena pasalnya kanker merupakan penyakit yang berbahaya dan memiliki dampak berbahaya pada penderitanya yang bisa menyebabkan kematian. Kanker bisa menyerang siapa saja baik pria atau wanita serta mulai dari anak – anak, remaja, dewasa, lansia, ibu hamil dan menyusui. Salah satu jenis kanker yang sering menyerang wanita selain kanker rahim atau kanker serviks merupakan kanker payudara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penderita kanker payudara lebih banyak dibandingkan dengan kanker serviks atau rahim.

waspadai-kanker-payudara-pada-ibu-menyusui

Kanker Payudara dan Ibu Menyusui

Kanker merupakan penyakit yang terjadi akibat mutasi gen yang tidak normal dan diketahui kanker payudara tidak hanya menyerang kaum perempuan saja melainkan dalam sedikit kasus yang ditemukan pria juga bisa terkena penyakit kanker payudara.

Seseorang yang sedang mengidap penyakit kanker karena beberapa faktor seperti genetika atau keturunan, faktor usia, faktor periode menstruasi, faktor tidak menyusui dan faktor kelebihan berat badan . Semua fator tersebut bisa memicu timbulnya penyakit kanker payudara.

Baca :

Hubungan kanker payudara dan ibu hamil serta menyusui yaitu perempuan yang memberikan ASI pada bayinya memiliki sedikit resiko untuk terkena penyakit kanker payudara jika dibandingkan dengan perempuan yang tidak menyusui bayinya, hal ini disebabkan karena penyakit kanker merupakan penyakit yang sulit untuk diprediksi.

Di samping itu ada banyak faktor yang bisa bisa memicu timbulnya kanker payudara, maka sebagai perempuan sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin. Apabila merasa ada yang berubah seperti bentuk, benjolan, payudara terasa bengkak serta ada rasa nyeri di payudara atau puting, puting payudara bernanah serta kelenjar getah bening yang membengkak bisa menjadi gejala kanker payudara yang harus Anda waspadai.

Baca :

Bagi ibu menyusui, jika ditemukan adanya benjolan yang aneh di sekitar payudara sebaiknya segera memeriksakannya pada dokter terlebih dahulu dan untuk sementara waktu jangan memberikan ASI pada bayi sampai hasil pemeriksaan keluar dan menyatakan bahwa ASI aman untuk bayinya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat bahwa resiko kanker payudara berkurang hingga 59% pada perempuan yang menyusui meskipun riwayat keluarganya ada yang terkena kanker payudara. Aktifitas menyusui bisa mencegah peradangan pada payudara ibu berdasarkan jurnal ilmiah Archieves of International Medicine yang menjelaskan kaitan antara kanker payudara dengan ibu menyusui.

Sedangkan pada jurnal Obstetri dan Ginekologi resiko penyakit lainnya seperti jantung berkurang 10% jika ibu menyusui bayinya lebih dari 12 bulan. Penelitian dilakukan dari Center for Research on Health Care, University of Pittshburgh Menyusui yang menjadi kewajiban seorang ibu dan hak bayi untuk mendapatkannya. Jadi menyusui tidak hanya baik untuk bayi tapi juga ibu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *