Efek Samping Operasi Pengangkatan Benjolan Di Payudara

Obat Payudara | Masih banyak orang yang percaya dengan melakukan operasi pengangkatan maka bisa menghilangkan benjolan di payudara hingga ke akarnya. Benjolan di payudara sendiri memiliki jenis yang berbeda – beda, seperti diantaranya tumor jinak, tumor ganas, cairan dan kanker. Sebenarnya bagi Anda yang ingin mengobati benjolan ini tanpa menggunakan cara operasi itu bisa, ada cara lain yang lebih mudah dan aman serta tidak menimbulkan efek samping operasi benjolan di payudara.

Meskipun operasi menjadi salah satu cara yang biasa dilakukan dan disarankan oleh banyak dokter guna untuk mengangkat benjolan di payudara yang jika tidak segera diangkat bisa memperparah kondisi tubuh.

Tapi sayangnya operasi hanya sebatas untuk mengangkat benjolan saja tanpa dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan benjolan di payudara yang lain. Alhasil banyak kasus yang terjadi tumor tumbuh lagi meskipun sudah melakukan operasi. Cara mengobati benjolan di payudara sendiri tidak harus selalu dengan operasi.

Karena selain beresiko benjolan akan tumbuh lagi di bagian payudara yang lain juga bisa menyebabkan adanya efek samping.

Efek Samping Operasi Pengangkatan Benjolan Di Payudara

efek-samping-operasi-pengangkatan-benjolan-di-payudara

Salah satu dampak yang ditimbulkan akibat dari operasi benjolan di payudara yang sering kali dirasakan pada bagian payudara serta bekas operasi yakni luka sayatan yang jika tidak mendapatkan perawatan yang baik dan benar bisa menyebabkan infeksi.

Seperti yang dikatakan oleh dr. Mira Iskandar, munculnya nyeri setelah melakukan operasi pengangkatan benjolan di payudara merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi setelah operasi. Itu merupakan respon dari tubuh akibat luka sayatan yang terjadi selama operasi dan dalam waktu beberapa hari rasa nyeri itu akan perlahan menghilang.

Rasa ba’al yang juga bisa kembali pada bekas luka oeprasi dan dengan seiring berjalannya waktu maka hal itu akan berangsur membaik, bukan hanya itu saja sebagian kasus lain seperti nyeri dan ba’al berdenyut juga bisa terasa di sekitar tempat operasi.

Meskipun rasa nyeri di payudara sesudah operasi benjolan di payudara merupakan hal yang wajar, tapi jika rasa sakit itu terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka Anda harus mewaspadainya serta segera berkonsultasi dengan dokter yang sudah mengoperasi Anda. Terlebih jika rasa sakit yang dirasakan seperti di bawah ini :

  • Nyeri terus menerus dan tidak membaik seiring waktu
  • Bengkak disekitar luka disertai kemerahan
  • Adanya cairan seperti nanah di sekitar luka
  • Merasa demam dan tidak enak badan

Nah, jika kondisi tubuh yang Anda alami seperti di atas ada beberapa hal bisa Anda lakukan untuk mengurangi kondisi tersebut agar tidak semakin memburuk :

  • Tidak menyentuh bagian yang sakit dengan menggunakan tangan untuk mencegah adanya infeksi
  • Mengkosumsi penahan sakit yang dijual secara bebas seperti paracetamol
  • Menggunakan bra yang nyama, tidak sempit
  • Melakukan pemeriksaan payudara secara rutin
  • Menghindari makanan yang tidak boleh dimakan setelah operasi
  • Mengkonsumsi obat benjolan di payudara

Selain beberapa efek samping pengangkatan benjolan di payudara yang sudah kami sebutkan di atas, munculnya nyeri di payudara juga bisa disebabkan akibat perubahan hormonal akibat dari siklus menstruasi, penumpukan nanah di payudara dan mestitit atau radang payudara serta tumbuhnya tumor payudara lagi.

Artikel terkait lainnya :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *