3 Perbedaan Antara Radang Payudara dan Kanker Payudara

Luka Payudara -, 3 Perbedaan Antara Radang Payudara dan Kanker Payudara -, Taukah Anda apa saja yang menjadi 3 perbedaan antara radang payudara dan kanker payudara ? Dan, benarkah peradangan pada payudara bisa menyebabkan dampak yang buruk sehingga memicu adanya resiko kanker ? Berikut penjelasan selengkapnya.

Radang payudara dan kanker payudara adalah dua jenis penyakit berbeda. Radang payudara adalah infeksi yang terjadi pada payudara dan disebabkan oleh adanya sumbatan pada saluran susu hingga puting susu. Sedangkan kanker payudara adalah munculnya benjolan dimana setelah pengendalian dan mekanisme normalnya sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak dapat terkendali.

3 Perbedaan Antara Radang Payudara dan Kanker Payudara

Berikut di bawah ini 3 perbedaan antara radang payudara dan kanker payudara menurut sumber dari penuturan Ibu Prof. Dr. dr Roemwerdiniadi Soedoko, SpPA dari Yayasan Kanker Wisnuwardhana, Surabaya. Berikut penjelasannya :

Faktor Penyebab Radang Payudara

Radang payudara atau disebut dengan mastitis, berdasarkan penyebab dan kondisinya dibagi menjadi 3 bagian diantaranya :

  • Mastitis Periductal

Jenis mastitis yang satu ini biasanya menyerang wanita yang menjelang masa menopause dan penyebab utamanya belum bisa dipastikan. Namun keadaan seperti ini dikenal dengan istilah “mammary duct ectasia” yang artinya pelebaran saluran akibat adanya penyumbagan pada saluran di payudara.

  • Mastitis Puerperalis atau Lactational

Dan yang kedua ini banyak dialami oleh wanita yang sedang hamil serta menyusui, penyebab utama dari jenis mastitis yang satu ini adanya kuman yang menginfeksi payudara lalu ditransmisi ke puting payudara melalui kontak langsung dari bayi yang menyusui. Jenis mastitis yang kedua ini sering kali dialami oleh wanita.

  • Mastitis Supurativitis

Penyebab dari jenis radang payudara yang ketiga ini diantaranya staphylococcus, jamur, kuman TBC  dan juga kuman sifilis. Infeksi kuman TBC membutuhkan penanganan ekstra intensif dan penyebabnya bisa dari dalam tubuh atau luar tubuh.

Pada dasarnya gejala yang ditimbulkan oleh mastitis ini adalah benjolan di payudara dan benjolan penebalan ini berwarna merah, terasa nyeri dan panas. Nyeri yang dirasakan juga bisa terasa cenat – cenut di daerah payudara terlebih jika benjolan ini sebagai bisul yang pecah dan penampilannya menjadi mengerikan.

Rasa nyeri seperti ini yang menjadi perbedaan mendasar antara radang payudara dan kanker payudara.

Sedangkan pada kanker payudara, meskipun awalnya tidak terasa apapun tapi hanya terlihat benjolan saja tapi benjolan pada mastitis tidak seperti benjolan pada kanker yang berbentuk keras dan berupa penebalan yang berisi cairan. Mastitis biasanya menyerang salah satu payudara saja meskipun tidak menutup kemungkinan bisa menyebar sampai ke dua payudara menjadi terinfeksi.

Bahaya Radang Payudara

Setiap penyakit pasti memiliki resiko tersendiri begitu juga dengan radang payudara yang bisa menyebabkan keluarnya cairan dari daerah puting dan cairan yang berwarna putih kekuningan ini serupa dengan nanah. Berbeda dengan kanker payudara yang cairannya keluar dari puting dan biasanya merah atau kuning kecoklatan seperti noda darah dan puting juga terasa seperti tertarik.

Mastitis yang disebabkan adanya infeksi kuman menjadi salah satu adses atau kumpulan nanah dalam rongga baru di jaringan kelenjar payudara dan nanah ini terbentuk dari kumpulan bakteri jaringan serta leukosit baik yang masih hidup atau yang sudah mati.

Bahaya dari nanah ini bisa menyebabka resiko diantaranya :

  • Meriang
  • Demam tinggi
  • Menggigil
  • Mengeluarkan keringat banyak
  • Daya tahan tubuh menurun
  • Menurunkan kesadaran

Baca Juga :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *